Beranda » 9 Permainan Mengasah Otak Anak Umur 3 Tahun yang Terbaik

9 Permainan Mengasah Otak Anak Umur 3 Tahun yang Terbaik

Punya sarana permainan mengasah otak anak umur 3 tahun menjadi dambaan orang tua untuk mendukung perkembangannya. Jenis permainan ini ada yang bisa didapatkan tanpa biaya sama sekali hingga ada juga yang tergolong mahal.

Orang tua bisa mempertimbangkan sewa mainan untuk jenis barang yang harganya tinggi. Pasalnya, buah hati cepat tumbuh dan hanya menggunakannya dalam waktu singkat. Namun, sebelum itu, ada sejumlah permainan yang bagus untuk mendukung daya pikir buah hati.

Permainan Mengasah Otak Anak Umur 3 Tahun

Tidak jarang orang tua yang memberikan anak permainan kurang mendukung dan bermanfaat. Tujuan bermain bukan hanya yang penting anak diam atau mempunyai aktivitas, namun juga perlu memperhatikan fungsi dan keamanannya.

Jangan sampai membiarkan buah hati bermain sendiri. Si kecil harus terus mendapat pendampingan agar tetap aman dan dapat beraktivitas dengan senang. Memilih jenis permainan mengasah otak anak umur 3 tahun juga harus selektif. Apa saja?

1. Menyusun Bentuk dari Balok

Permainan dalam bentuk balok dapat merangsang semua organ tubuh anak untuk bergerak secara aktif. Dengan menyusun balok menjadi bangunan atau bentuk lain akan merangsang perkembangan logika spasial buah hati.

Kemampuan menyusun dan membentuk benda dari balok tersebut akan membuat tangan dan otaknya terus bekerja. Di awal, mungkin si kecil masih bingung dan belum paham cara memainkannya. Orang tua dapat mendampingi dan memberikan contoh dengan model simpel.

Penggunaan balok warna warni akan merangsang motorik anak untuk berpikir dan mengingat namanya. Bunda sekaligus mengenalkan warna dan Menyusunnya membentuk berbagai jenis serta menjelaskan nama bentuk tersebut.

2. Pasir Kinetik

Jenis mainan kedua ini cukup populer bagi kalangan Bunda yang mempunyai anak kecil. Bentuknya hampir mirip dengan pasir biasa namun warna warni dengan tekstur lebih lembut. Karena sedikit lengket, anak mudah membentuknya sesuai cetakan yang tersedia.

Pasir kinetik dapat merangsang sensorik buah hati. selain itu bisa merangsang kreativitasnya. Apalagi dalam satu paket penjualan, biasanya sudah tersedia cetakan dengan berbagai bentuk. Jika jumlah pasir berkurang karena tercecer selama permainan, ada toko yang menjualnya tanpa cetakan dan lebih hemat.

3. Alat Musik

Anak usia 3 tahun perlu dilatih semua inderanya, termasuk pendengaran. Dengan memberinya permainan mengasah otak anak umur 3 tahun berupa alat musik, akan melatih tangannya untuk bergerak membunyikan. Secara bersamaan, pendengarannya akan berlatih untuk membedakan suara. Anak dapat mengekspresikan diri dan menyalurkan perasaan dengan menggunakan permainan tersebut.

Untuk usia 3 tahun, jenis musik pukul lebih aman. selain mudah untuk membunyikan tidak ada bagian yang beresiko dan membahayakan. Berikan jenis alat musik yang berukuran kecil sehingga buah hati mudah untuk memindahkan selama dalam permainan.

4. Puzzle

Permainan berikut ini dapat mendorong anak untuk melatih konsentrasinya. Anak juga terlatih untuk memecahkan masalah dalam Menyusun bagian-bagian puzzle menjadi bentuk sesuai dengan tempatnya. Motorik anak akan terangsang secara sempurna.

Di toko, permainan jenis ini tersedia dalam berbagai bentuk gambar dan ukuran pecahan puzzle. Untuk anak usia 3 tahun sebaiknya pilih bentuk yang sederhana seperti buah, binatang atau benda yang ada di sekitar.  Ukuran puzzle nya sebaiknya pilih yang berpotongan besar sehingga lebih sederhana dalam menyusunnya.

5. Scooter Roda 3

Anak usia 3 tahun juga mempunyai ketertarikan untuk naik benda bergerak. Sebagai cara untuk merangsang motoriknya, Bunda dapat memberikan mainan berupa scooter dengan 3 roda. Jenis permainan ini juga dapat melatih keseimbangan dan strategi dalam membelokkan stang. Jika halaman rumah cukup luas, Bunda dapat mengajaknya bermain permainan mengasah otak anak umur 3 tahun ini bersama.

6. Menggambar

Motorik anak yang mendapat rangsangan akan dapat berkembang secara optimal. Salah satu permainan yang sesuai adalah menggambar atau mewarnai. Tujuannya bukan untuk membuat bentuk estetik, namun lebih pada pengenalan warna.

Selain itu, anak juga akan berlatih menggerakkan tangan selama menggoreskan alat dan pewarna. Anak juga berlatih untuk konsentrasi sehingga bentuk yang diinginkan terwujud. Jenis permainan ini juga sangat sesuai untuk anak yang susah fokus.

7. Petak Umpet

Permainan tradisional ini ternyata sangat baik untuk anak usia 3 tahun. aktivitas bersembunyi dan menjaga gawang melatih semua bagian tubuh harus bekerja aktif. Tangan kaki, jantung dan paru-paru akan bekerja sempurna.

Otak si kecil juga akan dilatih untuk berpikir cepat. dimana bersembunyi dan menemukan tempat persembunyian teman. Secara psikologis anak juga akan berlatih sportif ketika harus berjaga atau tempat persembunyiannya ditemukan oleh teman.

8. Teka Teki

Jenis permainan mengasah otak anak umur 3 tahun satu ini terbukti efektif untuk melatih daya pikir atau otak si kecil. buah hati harus memikirkan jawaban dari pertanyaan atau tebakan yang diberikan. Anak akan berlatih cepat merespon ketika teman bermain menyebutkan jenis yang harus ditebaknya.

9. Magnetic Numbers

Permainan ini sangat mudah untuk menjalankan. Bunda dapat membeli mainan angka bermagnet. Kemudian minta si kecil untuk menghitung jumlah benda dan memilih angka sesuai dengan hitungan tersebut. selanjutnya menempelkannya di dinding.

Dengan permainan ini, si kecil akan mengenal hitungan, angka sekaligus cara menempelkan benda pada suatu tempat.  Bunda bisa memilih penjumlahan kecil, misal di bawah 10, sesuai dengan kemampuan dan perkembangan otak buah hati.

Jenis permainan mengasah otak anak umur 3 tahun cukup banyak. Harganya pun terjangkau sehingga Bunda bisa menyediakannya untuk buah hati. Bahkan ada permainan tradisional tanpa alat yang efektif merangsang pertumbuhan dan perkembangan semua bagian tubuh buah hati.

Mamasewa.com, Tempat Sewa Mainan Anak dan Kebutuhan Ibu & Anak

Jika Bunda ingin memiliki mainan yang edukatif dan baik untuk perkembangan anak, bisa mencoba sewa mainan. Umumnya jenis permainan tertentu yang tergolong pricy hanya digunakan sesaat oleh anak. Menyewa mainan bisa menghemat pengeluaran dan mengantisipasi jika anak tidak menyukai permainan tersebut.

Rekomendasi tempat sewa mainan anak dan yang bagus adalah di Mamasewa.com yang menyediakan sewa kebutuhan ibu dan anak. Mulai dari mainan, perlengkapan ibu, hingga sewa perlengkapan bayi ada di sini. Peralatannya bersih dan higienis dengan pelayanan profesional, mudah, dan harga hemat.  

Mamasewa.com memiliki cabang di berbagai kota mencakup Jabodetabek, Cikarang, Karawang, Semarang, dan Surabaya.

Demikian rekomendasi permainan mengasah otak anak umur 3 tahun yang terbaik. Bunda bisa menyewa jenis mainan yang tergolong mahal untuk memberikan fasilitas terbaik bagi perkembangan buah hati.

Sumber:
Mamasewa.com
Id.theasianparent.com
Sehatq.com
Orami.co.id

diarybunda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas